Pencanangan PIN Polio 2024 di Kabupaten Konawe Utara

Pencanangan PIN POLIO di Kabupaten Konawe Utara Tahun 2024

ANDOWIA (23/07/24) – Polio, atau poliomielitis, merupakan penyakit menular yang menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, bahkan kematian. Virus polio ditularkan melalui kontak dengan air atau makanan yang terkontaminasi tinja orang yang terinfeksi.

Upaya pencegahan dan pemberantasan polio sangat penting untuk melindungi anak-anak dari penyakit ini. Imunisasi polio merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah polio.

Pencanangan PIN Polio 2024 di Kabupaten Konawe Utara
Pencanangan PIN Polio 2024 di Kabupaten Konawe Utara

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi polio dan mencapai target eliminasi polio di Indonesia.

Kegiatan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 Kabupaten Konawe Utara dilaksanakan Pada hari Selasa 23 Juni 2024 di Balai Kelurahan Andowia, Kec. Andowia Kabupaten Konawe Utara, Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara Safruddin, S.Pd., M.Pd yang dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dalam sambutannya Sekda Konawe Utara mengharapkan partisipasi dari orang tua dan masyarakat untuk membawa anak menerima 2 tetes manis vaksin polio, agar anak kita terhindar dari polio.

Pencanangan PIN Polio 2024 di Kabupaten Konawe Utara
Pencanangan PIN Polio 2024 di Kabupaten Konawe Utara

Dalam sambutan pembukaan Kegiatan Pencanangan PIN POLIO tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara Nurjanah Effendi, SKM., M.Si., M.Kes juga menyampaikan bahwa target capaian yang diharapkan dari pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional ini adalah 95% anak mendapatkan 2 tetes vaksin Polio, agar bisa terhindar dari KLB Polio.

Target tersebut tidak dapat kami capai sendiri oleh Dinas Kesehatan, diperlukan bantuan dari lintas sektor dan juga kesadaran masyarakat sendiri. Untuk itu marilah kita menjalin kerja sama yang erat, berkomitmen dan terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat serta menyukseskan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional ini khususnya untuk daerah kita tercinta Kabupaten Konawe Utara.

Saya yakin, dengan sinergi, selaras dan kolaborasi, kita dapat mencapai tujuan tersebut

Di Kabupaten Konawe Utara, Sub PIN Polio serentak akan dilakukan dua tahap.

Tahap pertama pada tanggal 23– 29 Juli 2024 dan tahap kedua tanggal 6 – 12 Agustus 2024 dengan sasaran anak usia 0 – 7 tahun 11 bulan 29 hari.

Sub PIN Polio bisa didapatkan di 22 Puskesmas di Kab. Konawe Utara, posyandu, SD/MI sederajat, dan di Tk/Paud. Setiap anak akan mendaptakan 2 tetes vaksin polio jenis nOPV2 (Novel Oral Polio Vaccine Tipe 2). Vaksin diberikan tanpa memandang status imunisasi anak sebelumnya.

Leave a Comment